Tuesday, October 27, 2015

Kebaya Yang Sering Digunakan Saat Wisuda

www.miszafie.web.id - Kebaya adalah simbol identitas perempuan Indonesia. Perempuan Indonesia yang menggunakan kebaya awalnya adalah perempuan di tanah Jawa. Namun, segera meluas sampai ke pulau lain. Pada zaman dulu kebaya dipakai sebagai pakaian sehari-hari perempuan Jawa ataupun untuk pakaian untuk menghadiri upacara adat.

Untuk pakaian sehari-hari, kebaya yang digunakan cenderung lebih sederhana dengan bahan yang biasa. Dan, umumnya yang digunakan adalah kebaya pendek. Kebaya pendek adalah kebaya yang panjangnya hanya sebatas pinggul, sedangkan kebaya panjang adalah kebaya yang panjangnya sampai lutut. Kebaya panjang umumnya digunakan saat ada upacara adat.

Untuk membuat tampilan menjadi lebih cantik, kebaya dipadupadankan dengan kain songket. Namun, ada juga yang memadukan dengan sarung dan kain jarik. Pemakaian kebaya dulunya menggunakan kemben untuk menutupi bagian dada. Setelah itu, menggunakan stagen untuk menutupi perut dan mengencangkan kain songket yang dipakai. Sedangkan untuk hiasan kepala biasanya menggunakan sanggul dengan hiasan bunga melati yang sudah dianyam.

Seiring perkembangan zaman, terjadi penggeseran nilai penggunaan kebaya oleh pakaian-pakaian lain. Kebaya yang dulunya dipakai sebagai pakaian sehari-hari kini sudah sangat jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Kebaya sekarang cenderung dipakai untuk menghadiri acara-acara tertentu. Seperti acara nasional, acara pernikahan, acara pelantikan, wisuda atau perpisahan sekolah, dan sebagai pakaian adat. Selain penggunaannya yang berubah, model dan gaya kebaya juga turut berubah.

Model kebaya kini cenderung bersifat modern. Model simetris adalah model kebaya yang umumnya diketahui oleh banyak orang. Namun, sekarang ini model asimetris juga banyak digemari oleh perempuan Indonesia. Kebaya dengan model asimetris cenderung menampilkan model yang membedakan bentuk kebaya bagian kiri dengan kebaya bagian kanan.

Sebagai contoh kebaya dengan lengan panjang di sebelah kanan dan kebaya tanpa lengan di bagian kiri, atau kebaya dengan penggunaan bahan yang berbeda, misalnya pada bagian dada menggunakan bahan brokat dan bagian leher menggunakan bahan kelambu. Dahulu, penggunaan kebaya tidak terlepas dari songket atau sarung, namun sekarang ini kebaya sudah dipadupadankan dengan rok, bahkan celana.

Penggunaan kebaya dengan rok atau dengan celana pun tetap tidak mengurangi keindahan dari kebaya tersebut. Asalkan, kita pandai memadukan warna dan modelnya dengan postur tubuh kita. Dan, tentunya kebaya membuat perempuan Indonesia akan semakin cantik. Mari tunjukkan identitas perempuan Indonesia dengan menggunakan kebaya!

Nah dari pembahasan kebaya tadi, berikut ada contok kebaya muslim "klik disini"

No comments:

Post a Comment